Kicauan burung terdengar merdu ditambah semilir angin sejuk khas pedesaan menyambut kami ketika sampai di Bukit Krendo Wahono. Sebuah wisata alam di kawasan Semowo, kecamatan Pabelan tepatnya di dusun Mendoh.

Tak ada bangunan tinggi sejauh mata memandang. Yang tumbuh hanyalah pohon jati yang rimbun dan perdu. Pemandangan dari atas bukit karenda sangat indah dan terlihat alami. Adanya wabah covid-19 membuat pecinta alam terutama para pendaki gunung terbatas untuk melakukan camping di gunung. Bukit karenda menjadi solusi untuk menikmati indahnya pemandangan bagi para pencinta alam. Dari atas bukit terlihat bentangan sawah dengan tanaman padi, Selain pemandangan sawah juga terlihat gunung merbabu, merapi, telomoyo dan ungaran sehingga terlihat alami dan memanjakan mata.

Lokasinya 9 kilometer dari pusat kota Salatiga. Dari bundaran Taman Sari Salatiga hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai di lokasi. Akses jalan menuju lokasi bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat. Sesampainya di desa Mendoh pengunjung tidak bisa lagi menggunakan kendaraan untuk sampai lokasi dikarenakan jalan berlumpur. Dari lokasi parkir pengunjung harus jalan kaki 500 meter dengan medan landai kemudian medan yang lumayan ekstrim dengan tanjakan yang cukup curam.

Namun perjalanan susah payah menuju Bukit Karenda dibayar dengan pemandangan alam yang yang masih alami dan memukau mata. Tidak ada tiket masuk karena belum adanya pengelola sehingga pengunjung langsung masuk kelokasi.

Bukit Karenda ini belum banyak diketahui masyarakat luas. “Untuk mempromosikan bukit karenda pemuda Mendoh melakukan pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 2019. Rencana kedepan akan dibuka untuk umum sebagai spot selfi dan trak sepeda gunung” ujar Mujtahidil Ahkam selaku warga Mendoh.

Menurut Rahel, “waktu yang baik untuk menikmati pemandangan alam pada pagi dan sore hari. Disini bisa ngecamp menikmati dinginnya malam khas pedesaan juga bisa menikmati sunrise” ucapnya. Untuk menikmati alam ini belum tersedia fasilitas umum karena belum adanya pengelolaan. Rencana kedepan pemuda mendoh akan mengolola menjadi destinasti wisata di Semowo.(Mahen/KKN2021)

By Daim

7 thoughts on “MENIKMATI LUKISAN PANORAMA ALAM “Krendo Wahono””
  1. Wah keren ini bisa jadi tempat rekreasi mata di pagi hari pasti udara segar dan natural.
    Mantab semoga semakin maju sebagai alternatif pariwisata .
    Sukses dan sehat selalu masyarakat semowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *